Kamis, 21 Juli 2011

Madre, sang Ibu yang menyegarkan

aku adalah orang yang menderita sepanjang waktu.
obat, ku kira adalah hal yang dapat membantu.
dan satu-satunya yang dapat menyembuhkan adalah buku

****

aku suka sekali novel-novelnya dewi lestari. menurutku dia adalah salah satu penulis terbaik di Indonesia. tidak hanya dalam kategori penulis wanita terbaik, tapi juga ketika disandingkan dengan para penulis pria lainnya.
yang aku suka dari buku-buku dee adalah sentuhannya yg khas dan membuat cerita itu hidup. sudut pandang yang ia gunakan selalu yang 'tak biasa', membuat ceritanya terkadang tak tertebak. ataupun kalau sudah dapat ditebak, selalu ada proses yang menyenangkan dalam perjalanan ceritanya.

buku terbaru Dee, nama pena dewi lestari, adalah Madre.
pertama kali tau bahwa ia akan meluncurkan buku, aku sengaja nggak mau baca sinopsis ceritanya. sama seperti ketika aku membeli Rectoverso dan Perahu Kertas yang tanpa membaca sinopsis dari website manapun, dan tentu saja dengan cepat aku langsung terkesima dengan 11 Kisah dan 11 Lagu di Rectoverso, serta perjalanan Radar Neptunusnya Kugy dan Keenan.
beda lagi ama Filosofi Kopi dan Supernova, yang aku nggak beli, tapi pinjem di perpus sekolah. dari situ, aku udah terbius ama kemampuan Dee dalam berkata-kata.

Pertama denger Madre, aku berfikir, bahasa apa tuh?
tapi aku tetep nggak mau searching. aku pengen baca langsung dan terjun di dalam lautan kata-kata Madre. beberapa hari lalu, I finally own my Madre! uuuu seneng banget, langsung deh aku baca. novel Dee kali ini hampir mirip dengan rectoverso dan filosofi kopi, yakni kumpulan cerita dan prosa. tapi menurutku lebih ke filosofi kopi ya, soalnya di Rectoverso setiap cerita selalu ada lagi dan beberapa lagi di bumbui sentuhan visual seperti gambar dan foto-foto.

Madre sendiri muncul diurutan pertama dalam kumpulan cerita.
aku ngga akan bercerita banyak, biar anda sendiri yang baca bukunya :D
yang jelas aku cukup tercengang ketika mengetahui siapa Madre sebenarnya.
dalam bahasa spanyol, Madre berarti Ibu, dan dalam cerita berjudul Madre, memang ada hubungannya antara Ibu dan....ROTI..
well, kok bisa? baca sendiri aja :p

aku suka madre, sama seperti aku suka filosofi kopi.
tetapi karyanya mbak Dee yang jadi favoritku sih tetep rectoverso yang almost perfecto!
rectoverso sendiri aku bilang hampir sempurna karena "muatannya".
ceritanya yang semuanya keren-keren, lagu dalam setiap cerita dan sentuhan visualnya.
belum ada buku se-keren itu yang pernah aku baca :)


Cover sang "Ibu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar